Rumah Budaya Dokumentasikan Karya Pengetahuan Maestro Jambi




Jambizone.com - Dimulai dari ujung Kabupaten di wilayah paling barat di Provinsi Jambi, acara Budaya (adat istiadat/kebiasaan) yang hampir hilang dibeberapa daerah coba untuk tetap di pertahankan lewat kegiatan “Beselang Nuai dalam Keselarasan Alam Raya Swarnabumi” di lima wilayah di lima Kabupaten di Provinsi Jambi. Senin 05/08/24).

Dana Indonesiana adalah Program Pendana di bawah Dirjen Kebudayaan yang dalam hal ini pembiayaannya untuk kategori “Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro”. Outputnya adalah pembuatan film dokumenter sebagai kekuatan dokumentasi dari sang maestro di lima kabupaten. 

Melalui proses yang panjang Rumah Budaya Melayu Jambi berkoordinasi dengan lima maestro di lima kabupaten untuk membuat dokumentasi budaya. 

Di Kabupaten Kerinci ada “Maestro Tale Nuai” bernama Sutrisman di Kemantan Mudik Kabupaten Kerinci.
Di Kabupaten Merangin ada Muhammad Sidin “Maestro Beselang Petang” di Pasar Baru Rantau Panjang di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin. 
Di Kabupaten Bungo ada “Maestro Beselang Emping” Awi Nurdin dari Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo. 
Di Kabupaten Tebo ada “Maestro Makisi Ghodang” bernama M. Yunus dari Desa Kuamang Tujuh Koto Berbatasan dengan Damasraya Sumatera Barat di Kabupaten Tebo. 
Terakhir Kabupaten Sarolangun ada “Maestro Tradisi Lisan Biduk Sayak” A. Thalip W dari Desa Jernih Air Hitam dari Kabupaten Sarolangun.

Basis pekerjaan sang Maestro adalah sebagai Petani di lahan pangan namun meraka mampu menuturkan dengan lengkap dan membentuk komunitas Anak Muda yang bisa menampilkan sebuah karya budaya dan bersama Rumah Budaya Melayu Jambi bisa mendokumentasikan untuk pembuatan film dokumenter secara lengkap bersama Rumah Budaya Melayu Jambi. 

Direktur Rumah Budaya Melayu Jambi Didik Hariadi mengatakan Puncak dari Program ini adalah pendokumentasian kebiasaan adat istiadat di masing-masing daerah yang ada di provinsi Jambi.

"Tentunya ini sebagai sebuah warisan yang ingin kita jaga dan nantinya jadi karya sang maestro dalam bentuk film dokumenter, dan pembuatan naskah akademik agar bisa di sajikan demi untuk menjaga ketahanan pangan kita kedepannya" tutupnya. (Jek)